PBAK Fakultas Dakwah 2023, Mahasiswa Baru Harus Apa?


589 Mahasiswa baru mengikuti PBAK Fakultas Dakwah 2023 pada Sabtu, 5 Juli 2023 (Dok. LPM Saka)


Purwokerto, LPM Saka - Sejumlah 589 mahasiswa baru resmi menjadi bagian Fakultas Dakwah UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto setelah mengikuti serangkaian Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang dimulai pada Sabtu, Minggu dan Senin, (5-7 Juli 2023).  

Khoerul Irfan Prasetyo, Guest star dalam Talk Show PBAK Fakultas Dakwah 2023 mengatakan meminimalisir kegagalan dalam berkehidupan merupakan urgensi setiap insan untuk menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi.

"Seorang mahasiswa memiliki kewajiban untuk mencapai kesuksesan dan kemuliaan dengan akhlak dan ilmu yang dimiliki," ujar dia.

Khoerul juga menuturkan untuk menjadikan program studi sebagai instrument goal, sebab hal demikian merupakan proses yang dapat ditempuh dan dikembangkan di luar bangku perkuliahan. 


Serangkaian PBAK Fakultas Dakwah 2023 (Dok. LPM Saka)

“Kita memerlukan 10% motivasi, 20% proses belajar dan 70% digunakan untuk mempraktikkan apa yang telah diperoleh,” jelas Khoerul.

Selain itu, manajemen yang baik akan menumbuhkan efektivitas dalam keberlangsungan kehidupan dan menjadikan mahasiswa mampu mencapai impiannya. 

“Manajemen dapat dilakukan dengan mengikuti aturan kampus, berbagai kegiatan akademik dan non akademik seperti organisasi dan volunteer,” tambah dia.

Melalui video, Dekan Fakultas Dakwah, Abdul Basit menyambut mahasiswa baru Fakultas Dakwah tahun akademik 2023/2024. 

Abdul Basit mengungkapkan beberapa keunggulan Fakultas Dakwah, yakni excellent, unggul, serviceable dan adaptable

Dengan mengangkat tema, “Manifestasi dakwah islam dalam bingkai nilai akhlak mulia di era digital dan post truth”, PBAK Fakultas Dakwah 2023 diharapkan mampu menjadikan mahasiswa baru mengembangkan penyebaran nilai-nilai Islam dengan ciri khas yang dimiliki oleh setiap individu. 

Sementara itu, ketua pelaksana PBAK Fakultas Dakwah 2023, Adam Arthur Ardiansyah, mengungkapkan tantangan yang dihadapi oleh Panitia pelaksana yakni dana anggaran kegiatan PBAK Fakultas Dakwah mengalami kesulitan sebab kondisi kampus yang tengah bertransformasi menjadi Perguruan tinggi Badan Layanan Umum (BLU). Selain itu, Perbedaan pandangan juga turut mewarnai kendala yang dialami oleh Panitia PBAK.

Ia menjelaskan latar belakang atas tema yang diangkat, yakni melihat beberapa fenomena dakwah yang mulai memudar ciri khasnya.

“Melalui PBAK Fakultas Dakwah 2023, mahasiswa baru dapat memadupadankan kemajuan teknologi untuk penyebaran nilai-nilai Islam agar mudah diterima oleh masyarakat,” lanjutnya.

Arthur berpesan kepada mahasiswa baru agar tetap menjaga semangat dalam menuntut ilmu dan bersyukur melanjutkan jenjang pendidikan meskipun bukan dalam Top Perguruan tinggi. 




Reporter: Aida Fitriani dan Afan Prasetio

Editor: Jasmine Azzahra 



Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post